Dimas Angling Kusumo

Penyembuhan Alternatif & Konsultasi Multidimensional

Terapi Holistik



Terapi holistik adalah terapi yang melihat manusia sebagai satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan meliputi aspek fisik, psikologi (kejiwaan), sosial – budaya, keagamaan (religi), gizi/suplemen dan herbal/obat tradisional.

Sebagai seorang Therapist (orang yang mengobati) yang baik maka dalam melakukan pengobatan maka harus mengobati penyakit pada manusia dari semua aspek yang ada pada manusia sebagai satu kesatuan yang utuh (terapi holistik). Sebagai contoh jika ada seorang pasien menderita kanker payudara maka seorang therapist harus mengobati secara holistik yang meliputi semua aspek di antaranya :

Aspek fisik : mencari sumber penyakit di dalam tubuh (aspek diagnosa). Jika seseorang menderita kanker payudara maka harus ditemukan adanya kanker di payudaranya apakah berupa benjolan maupun ulkus/luka, begitu pula proses penyebarannya di daerah ketiak atau telah menyebar di bagian tubuh/organ yang lain. Aspek kejiwaan : hampir semua penderita kanker memiliki rasa putus asa, stress dan depresi, oleh karena itu seorang therapist harus membangkitkan rasa optimis, kepercayaan diri dan motivasi sehingga timbul semangat hidup, dengan demikian hal itu akan membantu proses pengobatan. Sosial – budaya : seorang penderita kusta biasanya mereka di kucilkan oleh keluarganya dan masyarakat, begitu pula penderita narkoba dan HIV sangat membutuhkan dukungan dan perhatian dari keluarga dan masyarakat untuk membantu proses pengobatan. Keagamaan (religi) : keyakinan yang tinggi kepada Allah swt dan meningkatkan ibadah sangat membantu rasa optimis dan meningkatkan harapan untuk sembuh. Banyak kisah – kisah teladan di mana seorang hamba yang telah di diagnosa menderita penyakit yang tak dapat disembuhkan namun dapat sembuh setelah pasrah dan bertawakkal dengan salat tahajud atau puasa. Gizi/Suplemen : gizi yang seimbang meliputi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang seimbang sangat membantu proses penyembuhan. Herbal/obat tradisional : herbal atau obat tradisional memiliki zat kimiawi tertentu yang bermanfaat untuk mengobati penyakit. Contoh kunyit putih, mengkudu, jahe, dll. Dengan menerapkan semua aspek di atas insya allah kesembuhan dapat diperoleh. Demikianlah penjelasan saya mengenai terapi holistik, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top
Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger