Sakit Gusi Bisa Bikin Impoten, Benarkah?



Menurut penelitian terbaru, penyakit gusi ternyata mampu meningkatkan risiko disfungsi ereksi tiga kali lebih tinggi dibandingkan pria yang memiliki gusi sehat.
Hal ini dibuktikan dari satu penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti asal Turki. Para ilmuwan tersebut membandingkan 80 pria usia 30-40 tahun dengan masalah disfungsi ereksi, dengan 82 pria sehat.

Hasilnya, sekitar 53 persen pria yang mengalami masalah disfungsi ereksi ternyata juga mengalami radang gusi. Saat hasil penelitian dicocokkan dengan berbagai faktor lain seperti usia, indeks massa tubuh, pendapatan, dan tingkat pendidikan, pria berpenyakit periodontal yang parah tercatat 3,29 persen cenderung mengalami masalah disfungsi ereksi dibandingkan dengan pria bergusi sehat.

Pemimpin penelitian dari Inonu University Turkey, Dr. Faith Oguz, mengatakan bahwa masalah disfungsi ereksi adalah masalah kesehatan yang dialami sekitar 150 juta pria. Pria yang impoten mengaku mengalami perubahan kualitas hidup beserta pasangannya. “Faktor fisik memang mencapai dua per tiga dari seluruh kasus, namun sebagian besar disebabkan oleh pembuluh darah, masalah psikologis seperti depresi dan stes,” ujar Oguz, seperti dikutip kantor berita Antara.

Lebih lanjut lagi, Ogus menjelaskan bahwa penyakit periodontitis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri buruk yang mendominasi area gusi dan menyebabkan peradangan. “Banyak penelitian melaporkan bahwa periodontitis akut dapat memicu penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah sperti jantung koroner, atau masalah disfungsi ereksi,” ujar Oguz. (Sumber)

Posting Komentar